Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 30 Juni 2016

Bumbu Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa


Berbicara mengenai sajian kuliner khas nusantara memang tak akan ada habisnya. Hal ini tentu bukanlah hal yang mengherankan mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan berbagai macam dan jenis kuliner. Setiap daerah seperti Jawa, Sunda, Madura dan lainnya pasti memiliki makanan khas sendiri yang semakin menambah kekayaan kuliner Indonesia. Salah satu kekayaan tersebut adalah bacem. Bacem merupakan salah satu makanan khas Jawa yang kini telah populer di berbagai daerah di Indonesia. Bahan yang biasanya dibacem adalah tempe dan tahu yang kemudian menggunakan air kelapa untuk mendapatkan rasa manis pada bahan tersebut. Lalu bisakah kita membuat bumbu tempe bacem tanpa air kelapa?

Bumbu Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa

Bacem merupakan salah satu cara mengolah makanan dengan mengawetkannya. Untuk mendapatkan rasa manis pada tempe bacem, biasanya digunakan air kelapa. Namun, itu tidak menutup kemungkinan untuk membuat bumbu tempe bacem tanpa air kelapa. Anda masih bisa membuatnya dengan cara lain jika tidak air kelapa, yaitu menggantinya dengan air biasa. Nah bagi anda yang ingin sekali membuat tempe bacem, berikut kami berikan resep mudah membuat tempe bacem tanpa air kelapa untuk anda. Sebelum itu siapkan bahan-bahan berikut.

Bahan dan Bumbu :
  • 400 gram tempe
  • 300 ml air
  • 1 sendok makan gula merah
  • 1 sendok makan air asam
  • garam, gula dan kecap manis 
  • 2 lembar daun salam
  • 2 cm lengkuas digeprek
  • minyak goreng

Cara Membuat Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa

Untuk mendapatkan rasa manis pada bumbu tempe bacem tanpa air kelapa, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini. Haluskan 3 siung bawang putih, 4 butir bawang merah, ½ sendok teh ketumbar dan 2 butir kemiri. Setelah itu, bumbu yang telah dihaluskan tersebut dicampur dengan gula merah, air, garam, gula, kecap manis dan juga asam dalam sebuah wajan atau bisa juga panci. Kemudian tempe dimasukkan dan disusun sampai terendam semua dalam bumbu lalu tambahkan lengkuas dan daun salam. Selanjutnya, masak diatas api kecil sampai air menyusut tanda bumbu telah meresap. Setelah itu anda bisa menggorengnya hingga warnanya menjadi cokelat gelap. Sajian tempe bacem tanpa air kelapa siap dihidangkan.
Baca juga : Bumbu Tempe Bacem Original
Itulah cara membuat tempe bacem yang tidak perlu menggunakan air kelapa sebagai penghasil rasa manisnya. Anda masih bisa menggunakan bahan lain untuk menghasilkan rasa manis pada bumbu tempe bacem tanpa air kelapa


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Tempe Bacem Tanpa Air Kelapa