Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Minggu, 17 Juli 2016

Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Spesial Khas Solo


Siapa yang suka sarapan nasi liwet? Pasti banyak yang menyukai makanan satu ini. Terutama nasi liwet solo. Pada minggu pagi, anda bisa datang ke Manahan solo. Disana akan ada banyak sekali orang yang menjual nasi liwet khas solo yang spesial. Bumbu nasi liwet spesial memang mempunyai keistimewaan sendiri. Dengan bumbu rempah khas Indonesia, akan membuat bau nasi liwet semakin enak untuk di santap. Pasti akan sangat menggugah perut anda.

Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Spesial Khas Solo

Nasi liwet khas solo memang sedikit berbeda dengan nasi liwet khas sunda. Kalau nasi liwet solo di masak menggunakan santan. Sedangkan nasi liwet sunda menggunakan tambahan teri ketika memasaknya. Apalagi bumbu nasi liwet spesial khas solo di tambah dengan lauk pelengkap lainnya yang tidak kalah enak. Harga nasi liwet solo sangatlah terjangkau. Ketika membuatnya sendiri di rumah pun tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Mari langsung saja kita ketahui bahan dan cara membuat nasi liwet solo yang special.

Bahan Nasi Liwet :
  • 450 gram beras
  • 4 lembar daun salam
  • 3 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1.150 ml santan dari 1/4 butir kelapa

Langkah-Langkah Untuk Membuat Nasi Liwet Spesial

Untuk membuat nasi liwet spesial yang pertama dilakukan adalah mencuci beras anda. Cuci beras sampai bersih. Selanjutnya didihkan santan kental sambil di aduk. Jika tidak di aduk santan akan mudah pecah. Biarkan santan agak mendidih. Selanjutnya masukan beras yang sudah anda cuci. Tambahkan daun salam, batang serai, dan garam ke dalam santan tersebut. Aduk terus semua bahan menjadi satu sampai nasi matang tetapi tidak matang sempurna. Selanjutnya masukan nasi tersebut ke dalam rice cooker tambahkan air dan masak bumbu nasi liwet special sampai benar-benar matang.
Baca juga : Bumbu Nasi Liwet Gurih
Untuk nasi liwet special, anda bisa menambahkan suwiran opor ayam, sayur labu siam, telur areh dan disiram, dengan kuah areh. Akan tambah enak jika di tambah dengan kerupuk. Sederhana tetapi mempunyai rasa yang sangat enak. Membuatnya pun sangat mudah. Jika anda mengikuti tahapan yang saya berikan. Anda bisa memasak nasi liwet special yang sangat enak. Demikian resep yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat bumbu nasi liwet spesial. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Bumbu Nasi Liwet Spesial Khas Solo