Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Sabtu, 09 Juli 2016

Bumbu Ungkep Ayam Kampung


Jika berbicara mengenai masakan Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Semuanya mempunyai rasa yang enak dan lezat. Terutama untuk olahan daging ayam, pasti mempunyai rasa yang enak dengan tambahan bumbu rempah yang harum. Olahan paling mudah adalah membuat bumbu ungkep ayam kampung. Daging ayam memang mempunyai berbagai jenis. Ada ayam kampung, ayam petelur, ayam jago dan masih banyak lainnya. Setiap daging ayam juga mempunyai tekstur yang berbeda-beda. Jadi ketika memasaknya memerlukan perlakuan yang berbeda.

Bumbu Ungkep Ayam Kampung

Misalnya daging ayam kampung lebih keras dibandingkan ayam petelur. Jadi untuk daging ayam kampung memerlukan waktu memasak yang lebih lama. Ketika anda memasak bumbu ungkep ayam kampung, anda bisa memasaknya menjadi berbagai jenis makanan. Jika ingin di goreng, tinggal di goreng dengan minyak panas. Jika ingin di bakar, tinggal memanggangnya dengan diolesi sambal kecap sedikit. Dimakan langsung sebenarnya juga sudah enak, karena daging ayamnya sudah matang. Berikut ini bumbu yang harus anda siapkan untuk membuat ungkep ayam kampung.

Bahan & bumbu:
  • 2 ekor ayam kampung muda, masing-masing belah menjadi 4 bagian + 1 sendok makan garam + 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 500 ml - 1 liter air untuk merebus, tambahkan jika ayam kurang empuk
Bumbu dihaluskan:
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 3 ruas jari lengkuas muda
  • 2 ruas jari jahe
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
Bumbu lainnya:
  • 1 sendok teh kunyit bubuk, bisa diganti dengan 3 ruas kunyit segar yang dihaluskan
  • 4 lembar daun salam
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 2 sendok teh garam

Langkah-Langkah Membuat Bumbu Ungkep Ayam Kampung

Bersihkan daging ayam kampungnya dan potong sesuai selera. Tambahkan perasan jeruk nipis dan garam, kemudian diamkan terlebih dahulu sekitar 1 jam. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai tercium bau harum. Tambahkan sedikit air di dalam tumisan tersebut dan masukan ayam yang sudah diberi perasan jeruk nipis dan garam tadi. Masak ayam sampai matang dan air di dalam tumisan menyusut. Tetapi jika air sudah menyusut tapi ayam belum matang atau empuk, anda bisa menambahkan air lagi. Biarkan ayam sampai benar-benar empuk dan tercampur sempurna dengan bumbu ungkep ayam kampung.
Baca juga : Bumbu Ungkep Ayam Mudah
Jika sudah matang, anda bisa mengolahnya menjadi masakan yang anda inginkan. Bisa di goreng atau di bakar. Untuk daging ayam kampung, anda memang membutuhkan waktu merebus yang lebih lama. Daging ayam kampung mempunyai tekstur yang lebih keras. Jadi jika pada saat ngungkep, airnya sudah habis dan dagingnya belum empuk anda tambahkan lagi airnya. Mengungkep ikan memang menjadi pilihan yang tepat untuk memasak daging ayam. Jika anda tidak ingin memakannya langsung, anda bisa memasukkan ke lemari es dan jika ingin memakannya tinggal di goreng. Itulah bagaimana cara membuat bumbu ungkep ayam kampung. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Ungkep Ayam Kampung