Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Jumat, 08 April 2016

Bumbu Steak Daging Sapi Dengan Saus Steak Lada Hitam


Steak merupakan salah satu makanan asing dan merupakan makanan terlezat yang telah populer hingga ke belahan dunia. Steak di sukai bagi mereka yang gemar mengonsumsi daging dan olahannya juga sangat berkelas dan membuat tingkat selera dan nafsu makan menjadi lebih tinggi. Steak lebih di kenal dengan daging panggang yang di buat dengan bumbu steak yang sangat khas dan tidak ada duanya. Jika di lihat dari tampilannya tentu semua orang akan berfikiran kalau cara pembuatan bumbu steak sangat rumit dan memerlukan waktu banyak sehingga tidak dapat di olah dengan mudah dan lancar. Maklum saja fikiran itu muncul karena hanya resto besar yang menyediakan menu steak dan biasanya steak di sajikan dengan tampilan yang sangat menarik dan berkelas. Sebenarnya cara pembuatan steak sangat mudah sekali karena dapat di buat dengan rempah rempah asli Indonesia. Dan bagi anda yang penasaran dan ingin mengolah menu ini sendiri di dapur anda, maka simak informasi berikut ini.

Bahan Pembuatan Bumbu Steak :

Bahan Utama Steak :
  • Daging sapi giling 500 gram
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Margarin 1 sendok makan
  • Mustard
  • Lada hitam
Bahan Saus Steak Lada Hitam :
  • Bawang Bombay 1 buah - di cincang halus
  • Saus tomat 1 sendok makan
  • Kaldu bubuk 2 sendok teh
  • Lada hitam bubuk 1 sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Gula ¼ sendok teh
  • Pala bubuk ½ sendok teh
  • Tepung terigu 1 sendok makan
  • Air 200 ml
  • Mentega 1 sendok makan
bumbu steak

Kelezatan steak juga dapat di rasakan dengan nikmatnya rasa sausnya, oleh sebab itu dalam pembuatan bumbu steak harus tepat dan memiliki rasa yang seimbang. Steak daging sapi dengan saus lada hitam memang sangat lezat dan banyak di gemari dan resep yang di ulas kali ini juga menggunakan saus lada hitam. Pertama kita akan mengolah sausnya terlebih dahulu yaitu dengan menyiapkan wajan lalu cairkan mentega dengan menggunakan api sedang. Masukkan bawang Bombay kemudian tumis dan tunggu hingga aromanya menjadi harum setelah itu masukkan tepung terigu ke dalam tumisan dan aduk hingga merata dan tuangkan air dengan cara sedikit demi sedikit kemudian aduk kembali hingga menjadi rata. Berikutnya tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, lada hitam, pala bubuk, dan saus tomat kemudian di aduk hingga merata dan biarkan hingga mendidih dan mengental kemudian api dapat di matikan dan saus lada hitam dapat di tuangkan dalam mangkuk. Pembuatan saus bumbu steak ini sangat mudah sekali dan tidak memakan waktu banyak.

Setelah pembuatan bumbu steak yaitu saus lada steak selesai maka berikutnya cara mengolah dagingnya. Pertama campurkan bahan tepung terigu dengan daging sapi yang telah di giling dan di buat menjadi bulat kemudian di pipihkan. Kemudian adonan daging dai lumuri dengan mustard dan juga dengan lada hitam lalu biarkan hingga 15 menit agar bumbu dapat meresap ke dalam daging. Setelah itu daging dapat langsung di panggang hingga matang atau juga setengah matang lalu steak dapat langsung di angkat dan di letakkan ke dalam piring saji kemudian dapat di siram dengan saus lada hitam sesuai dengan selera lalu kemudian steak daging sapi dengan saus lada hitam dapat langsung di santap.
Baca juga : Bumbu Steak Lengkap
Itulah cara pembuatan steak daging sapi dan saus lada hitam yang di dapat di buat dengan resep bumbu steak khas dengan rasa yang lezat dan nikmat. Steak daging ini dapat di konsumsi dengan tambahan bahan pelengkap lainnya yaitu kentang rebus, buncis rebus, dan juga wortel rebus yang nikmat jika di lumuri dengan saus lada hitam. Kini dengan adanya resep bumbu steak di atas tersebut tentunya anda dapat membuat steak sendiri di rumah dan tentunya anda tidak perlu menghabiskan uang banyak jika memesannya di resto resto. Kini anda dapat menjadikan steak sebagai menu lezat yang tentunya keluarga akan sangat menyukainya karena di dunia ini jarang sekali ada yang tidak suka dengan steak karena rasanya yang lezat tersebut tentu membuat menu ini banyak di gemari.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Steak Daging Sapi Dengan Saus Steak Lada Hitam