Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Selasa, 19 Januari 2016

Bumbu Rica-Rica Babi


Sudahkah anda tahu bahwa makanan khas Manado yang bernama rica-rica ini menghadirkan berbagai macam varian. Mungkin yang banyak orang tahu adalah rica-rica dengan bahan dasar ayam. Padahal sebenarnya yang disebut masakan rica-rica asal manado bahan dasarnya adalah daging babi. Namun, karena daging babi tak semua orang bisa menyantapnya, akhirnya bahan dasar rica-rica bisa anda pilih sesuai dengan selera. Apakah bumbu rica-rica babi sama dengan masakan rica-rica ayam yang lebih popular di masyarakat?

Bumbu Rica-Rica Babi

Rica-rica, olahan yang dikenal dengan bumbu pedasnya ini memang mampu mengundang banyak peminat untuk menyantapnya. Tetapi jika yang disuguhkan adalah rica-rica babi, meskipun konon katanya babi memiliki cita rasa yang mampu menggoyang lidah, tetap saja olahan rica-rica lezat ini tak semua orang bisa memakannya karena babi adalah salah satu makanan yang dilarang, khususnya bagi umat islam. Namun, bagi anda yang mengaku pencinta masakan manado dan menjadikan rica-rica babi sebagai makanan favorit anda, sudah pasti bumbu rica-rica babi yang lezat menggelitik telinga anda untuk mengetahuinya. Penasaran apa saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat rica-rica babi?

Bahan dan Bumbu Rica-Rica Babi

Masakan rica-rica babi memang dikenal dengan cita rasanya yang lezat. Bagi mereka yang hobi menyantap makanan berbahan dasar babi, sekali mencobanya, sudah dapat dipastikan mereka akan kecanduan untuk memakannya terus menerus. Berbicara soal bumbu rica-rica babi, ketika anda ingin membuat masakan khas Manado ini, bumbu yang anda butuhkan sebenarnya cukup simple dan hampir sama dengan bumbu rica-rica biasanya. Andapun bisa mendapatkan bahan dan bumbu rica-rica babi dengan mudah di pasar. Inilah bahan dan bumbu yang dibutuhkan ketika anda mau mencoba resep masakan rica-rica babi khas manado.

Bahan:
  • Daging babi 1 kg (potong kotak)
  • Cabe merah 10 biji
Bumbu:
  • Bawang merah 6 buah (cincang halus)
  • Bawang putih 3 buah ( cincang kasar)
  • Tomat segar 5 buah
  • Laos 5 cm
  • Jahe 5 cm
  • Sereh 3 batang (geprek)
  • Daun jeruk
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Merica secukupnya

Cara Meracik Bumbu Rica Rica Babi dan Cara Membuat Rica-Rica Babi yang Enak

Bahan dan bumbu rica-rica babi memang simple dan mudah didapat. Jika anda sudah menyiapkan semua bahan dan bumbu yang dibutuhkan, langkah pertama yang mesti anda lakukan ketika mau mencoba resep rica-rica babi khas manado adalah tumis bawang merah, bawang putih, dan cabe merah. Jika tumisan sudah mengeluarkan bau yang sedap, anda bisa memasukkan daging babi yang sudah dipotong, aduk hingga rata dan biarkan bumbu meresap dengan sempurna pada daging. Setelah itu, masukkan bumbu lain seperti laos, jahe, dan sereh, aduk hingga rata. Masukkan pula tomat yang sudah dipotong, aduk, dan anda bisa menunggu sampai semua bumbu yang sudah dimasukkan tadi meresap. 
Baca juga : Bumbu Rica Rica Gurih
Agar cita rasa rica-rica babi semakin sempurna,jangan lupa untuk menambahkan pada olahan bumbu seperti garam, gula, dan merica secukupnya. Aduk dan anda bisa menunggunya sampai daging benar-benar matang dan bumbu juga terserap dengan sempurna. Angkat dan tiriskan dan rica-rica babi siap dihidangkan dan anda santap. Selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Rica-Rica Babi