Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 17 Maret 2016

Bumbu Dasar Nasi Goreng


Siapa yang tidak mengenal masakan yang satu ini? Tentu kalian sebagai orang indonesia tak mungkin jika tidak mengetahui makanan ini. Meskipun ini bukan masakan yang asli atau berasal dari indonesia, tetapi makanan ini menjadi menu favorit disetiap restaurant yang menyediakan menu ini tentunya. Konon katanya nasi goreng ini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu dibawa oleh para perantau tionghoa dan kemudian menyebar di seluruh bagian asia tenggara. Meskipun variasi dari nasi goreng tersebut banyak, akan tetapi bumbu dasar nasi goreng tetap sama. 

Bumbu Dasar Nasi Goreng

Nasi goreng memang nikmat sekali, perpaduan bumbu dengan nasi yang hangat membuat banyak lidah yang jatuh cinta pada kuliner yang satu ini. Dan istimewanya lagi nasi goreng ini cukup mudah untuk diolah. Anda tidak perlu menjadi koki yang handal atau terkenal untuk membuat satu piring nasi goreng ini. Yang kalian butuhkan hanyalah racikan dari bumbu dasar nasi goreng tersebut. Resep dasar nasi goreng ini merupakan senjata utama dibalik kelezatan dari menu tersebut. Dengan mengetahui bumbu dasarnya, kalian akan bebas menambahkan bahan apapun supaya menambah kelezatan nasi goreng kalian.

Bahan dan Cara Membuat Bumbu Dasar Nasi Goreng

Menurut chef rudy choiruddin, bumbu dasar di indonesia terbagi menjadi empat yaitu bumbu dasar putih, bumbu dasar merah, bumbu dasar kuning, dan bumbu merah orange. Dari keempat bumbu dasar tersebut bumbu dasar merahlah yang menjadi bumbu dasar nasi goreng. Selain digunakan sebagai bumbu dasar untuk nasi goreng, bumbu merah digunakan dalam pembuatan kuliner seperti aneka tumis, sambal merah, dan lain sebagainya. Berikut adalah bahan untuk membuat bumbu dasar merah,
  • 400 gram cabai merah, bersihkan dan buang bijinya.
  • 100 gram bawang merah.
  • 50 gram bawang putih.
  • 100 gram tomat merah.
  • 20 gram terasi.
  • 100 gram gula pasir.
  • 15 gram garam halus.
  • 100 mililiter minyak goreng untuk memblender semua bahan.
  • 100 mililiter minyak goreng untuk menumis semua bahan.
Baca juga : Bumbu Nasi Goreng Khas
Untuk cara membuat bumbu dasar nasi goreng tersebut sangat mudah. Yang pertama masukkan semua bahan yakni cabai merah, bawang merah, bawang putih, tomat, dan terasi dalam wadah blander. Jangan lupa masukkan pula 100 mililiter minyak goreng. Haluskan sampai bener-bener tercampur. Setelah itu, masukkan bahan yang telah halus tersebut ke dalam wajan untuk ditumis. Masukkan juga 100 miliiter minyak goreng untuk menumis semua bahan-bahan tersebut. Nyalakan kompornya dan aduk semua bahan sampai mengeluarkan bau yang khas. Selanjutnya masukkan gula pasir dan garam halus kemudian aduk sebentar. Setelah itu angkat dan dinginkan. Bumbu tersebut sudah siap digunakan.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Dasar Nasi Goreng