Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Minggu, 17 Januari 2016

Bumbu Rica Rica Ikan


Anda mengaku sebagai orang yang menyukai masakan yang pedas? Jika anda adalah pencinta masakan pedas, mungkin masakan ikan dengan bumbu rica-rica ini bisa anda jadikan sebagai kuliner andalan anda. Menurut orang yang suka dengan rica-rica ikan, masakan yang menggoyangkan lidah ini pertama kali dikenal di daerah minahasa. Tetapi jika anda ingin mencoba menyantap masakan ikan dengan bumbu rica-rica, anda tak usah repot-repot pergi ke minahasa. Asalkan anda tahu bumbu rica-rica ikan khas minahasa, anda bisa membuat masakan pedas ini di dapur rumah anda.

bumbu rica rica ikan

Olahan ikan dengan bumbu rica-rica inipun sebenarnya mudah anda jumpai di rumah makan atau bahkan restoran. Ya, masakan rica-rica memang sering dijadikan menu andalan bagi mereka yang mengaku menyukai masakan pedas. Namun sekali lagi, jika anda adalah orang yang hobi masak, anda pastinya penasaran bagaimana cara membuat masakan rica-rica ikan. Masakan yang lezat tersebut ternyata menyuguhkan bumbu yang cukup mudah. Bumbu rica-rica ikan bisa anda temukan dengan mudah di pasar, baik pasar tradisional atau pasar modern.

Bahan dan Bumbu Rica-Rica Ikan Khas Minahasa

Apa saja bumbu yang dibutuhkan ketika anda ingin mencoba resep rica-rica ikan khas minahasa? Sekali lagi bumbu rica-rica ikan terbilang simple dan pastinya anda sudah familiar. Tentunya jika anda sudah mengetahuinya, anda bisa dengan mudah menemukannya di pasar. Dengan bumbu rica-rica yang simple, anda bisa menghidangkan masakan yang lezat yang mampu menggoyangkan lidah anda sampai masakan tersebut tak tersisa barang secuil. Bagi anda yang tertarik untuk membuat rica rica ikan, inilah bahan dan bumbu rica-rica ikan yang dibutuhkan.

Bahan:
·    500 gram ikan goreng sesuai selera
·    ½ sdt jeruk nipis
·    Minyak goreng secukupnya
·    Garam secukupnya
·    Gula pasir secukupnya
·    Daun kemangi (optional)

Bumbu:
·    Bawang merah 6 siung
·    Bawang putih 3 siung
·    Tomat 2 buah
·    Daun jeruk 4 lembar (cincang halus)
·    Cabe rawit 10 buah
·    Serai 2 batang (geprek)
·    Pandan 1 lembar (cincang kasar)

Cara Meracik Bumbu Ikan Rica-Rica dan Cara Memasak Rica-Rica Ikan

Setelah anda mengetahui bahan dan bumbu rica-rica ikan khas minahasa, pastilah anda penasaran bagaimana cara mencoba resep rica-rica ikan khas minahasa di dapur rumah anda. Langkah pertama yang mesti anda lakukan adalah merendam ikan. Agar bau amis hilang, anda bisa mencampurkannya dengan perasan jeruk nipis dan berilah garam supaya cita rasa ikan terasa gurih. Setelah anda merendamnya beberapa saat, anda bisa menggoreng ikan sampai warna kecoklatan dan matang, dan anda bisa mentiriskannya. Untuk membuat masakan rica-rica ikan khas minahasa, anda bisa langsung mengambil minyak goreng secukupnya dan tumis bumbu rica-rica ikan tadi hingga harum. Jangan lupa untuk memberi garam dan gula pasir agar rica-rica ikan yang anda buat makyuz. Sebelum anda mengangkatnya, beri air perasan jeruk nipis. Angkat bumbu yang sudah buat dan anda bisa menuangkannya di atas ikan yang sudah anda goreng tadi. Terakhir, taburkan daun kemangi di atasnya. Rica-rica ikan khas minahasa siap untuk dihidangkan. Selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Rica Rica Ikan