Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Jumat, 22 Januari 2016

Bumbu Rica Rica Mentok


Makanan rica-rica merupakan olahan makanan yang memiliki rasa pedas dan juga gurih dengan bahan utama daging. Biasanya, daging yang digunakan sebagai bahan utama pembuatan rica-rica adalah bebek atau mentok. Rica-rica mentok sebenarnya tidak jauh beda dengan rica-rica bebek, perbedaannya mungkin hanya dari bahan dasarnya saja. Resep yang dipakai dalam membuat bumbu rica-rica mentok pastinya juga tidak terlalu beda jauh dengan yang berbahan dasar bebek.

Bumbu Rica Rica Mentok

Bumbu rica-rica mentok banyak dijumpai di daerah Purwokerto, Jawa Tengah. Hampir di setiap sudut kota terdapat warung makan atau restaurant yang menyajikan menu tradisional yang lezat ini. Harga yang dipatok untuk satu porsinya juga tidak lebih dari dua puluh ribu rupiah, sangat murah bukan? Makanan dengan rasa yang lezat dan harga murah pastinya banyak memiliki pelanggan, tak terkecuali anda yang mungkin belum pernah mencoba mencicipi rasa masakan ini. Apabila anda tergiur untuk mencicipi masakan ini tanpa harus bersusah payah mencari warung makan yang menghidangkan makanan ini, silahkan baca dan praktikkan resep berikut.

Membuat Bumbu Rica-rica Mentok

Bahan-bahan:
·    I ekor mentok, potong kecil-kecil
·    600 ml air
·    2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
·    2 ruas jari lengkuas, memarkan
·    4 lembar daun jeruk
·    3 lembar daun salam
·    Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
·    7 siung bawang merah
·    5 siung bawang putih
·    5 buah cabai merah keriting
·    9 buah cabai merah rawit
·    Gula merah secukupnya
·    Garam secukupnya

Membuat bumbu rica-rica mentok tidaklah terlalu sulit, cara yang pertama, cucilah potongan mentok hingga bersih, lalu tiriskan. Langkah kedua, tumislah bumbu halus hingga berbau harum, kemudian masukkan serai, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam. Langkah ketiga, masukkan air, aduk dan tunggu hingga mendidih. Langkah keempat, masukkan potongan mentok, aduk-aduk hingga merata dan masaklah di atas api sedang. Tutup masakan dengan tutup yang rapat selama 15 menit. Selanjutnya, anda dapat mengecek keempukkan daging mentok, apabila sudah empuk dan air tinggal sedikit, angkat dan sajikan.

Saran yang harus anda perhatikan, pastikan daging mentok benar-benar empuk, dan anda dapat menambah air untuk merebus daging, karena karakter daging menthok lebih lama matangnya. Dapat juga anda mencampurkan air dengan santan kental, supaya rasanya semakin lezat. Sekian resep rica-rica mentok special dari kami, semoga bermanfaat bagi kita semua. Bagi anda di rumah, selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Rica Rica Mentok