Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 01 Februari 2016

Bumbu Bakwan Jagung Manis


Makan tidak akan nikmat jika tanpa gorengan, itulah pendapat kebanyakan orang Indonesia. Hal tersebut menyebabkan banyaknya penjual gorengan yang selalu hadir menemani makan masyarakat meskipun hanya sebagai kudapan biasa. Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan bakwan jagung manis yang sangat yummy itu. Mungkin selama ini anda hanya bisa membelinya dari pedagang gorengan saja, namun untuk langkah kemajuan maka tidak ada salahnya mencoba bumbu bakwan jagung manis yang cukup sederhana ini. Memiliki rasa gurih serta manis membuat gorengan ini menjadi pujaan banyak orang sebagai teman setia ketika makan, karena perpaduan rasa ini akan memberikan sensasi lain ketika memakannya.

Bumbu Bakwan Jagung Manis

Bagi anda yang memang menyukai kudapan nikmat ini tidak ada salahnya mulai mencoba bumbu bakwan jagung manis agar dapat menghadirkan kudapan nikmat sebagai teman makan. Untuk membuat bakwan jagung manis memang tidak memerlukan banyak hal yang perlu dipersiapkan, karena bahan juga bumbunya cukup sederhana. Nah mungkin anda sudah tidak sabar untuk menengok berbagai kebutuhan yang harus dipersiapkan untuk membuat gorengan enak ini.

Persiapan Bahan dan Bumbu Bakwan Jagung Manis

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan:
  • Buah Jagung Manis segar kualitas bagus sebanyak 5-6 pcs. Pilih yang ukurannya sedang besar dan bulir jagungnya rata.
  • Tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 4 sendok makan. Gunakan tepung yang berkualitas bagus supaya hasilnya renyah dan empuk.
  • Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 1 pcs. Kalau bisa gunakan bawang merah lokal supaya lebih harum dan enak. Kupas kulitnya dan haluskan.
  • Kemiri kurang lebih 1 pcs saja. Haluskan untuk bumbu bakwan jagung.
  • Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu.
  • Ketumbar kurang lebih sebanyak seperempat sendok kecil atau sendok teh. Haluskan juga untuk bumbu.
  • Buah cabe merah kualitas bagus sebanyak 3-4 pcs (tergantung ukuran). Tumbuk dan potong kasar dulu untuk bumbu. Kalau teman teman ingin membuat bakwan jagung untuk anak anak, cabe bisa dihilangkan.
  • Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 1 pcs saja.
  • Udang yang masih segar dan bagus sebanyak kurang lebih 100 gram. Kupas kulitnya, bersihkan dan potong kecil kecil sesuai selera.
  • Daun bawang yang bagus dan segar sebanyak 1 batang saja. Cuci bersih dan potong tipis tipis.
  • Kalau mau, teman teman juga bisa menambahkan seledri sedikit saja. Cuci bersih dan iris tipis tipis untuk campuran adonan bakwannya.
  • Garam dan minyak goreng secukupnya.
Melihat berbagai bahan serta bumbu bakwan jagung manis tentu anda akan sedikit tercengang, karena memang bahan yang diperlukan cukup sederhana dan sering kita temukan. Untuk cara membuatnya juga sederhana yaitu, iris semua bulir jagung dari jonggolnya. Ulek bawang merah, putih, ketumbar, seledri, kemiri hingga halus kemudian masukkan bersama jagung. Masukkan tepung terigu, telur aduk hingga rata kemudian goreng dengan api kecil hingga matang atau berwarna keemasan. Memasak memang sederhana jika anda memang berniat melakukannya, seperti bakwan jagung manis ini yang memang caranya sederhana namun rasanya cukup yahut.
Setelah melihat berbagai bahan, cara membuat hingga bumbu bakwan jagung manis maka sudah saatnya anda mempraktekkannya sendiri sebagai bukti bahwa anda memahami resep sederhana ini. Dengan kreatifitas anda maka sekarang keluarga anda dapat menikmati kudapan yummy ini setiap hari sebagai teman makan atau hanya cemilan yang cukup sehat karena buatan tangan sendiri. Selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Bakwan Jagung Manis