Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Sabtu, 07 Mei 2016

Bumbu Nasi Kuning


Syukuran merupakan sebuah acara semi resmi yang sering dilakukan oleh beberapa orang untuk memaknai kejadian istimewa yang terjadi dalam kehidupannya. Untuk melengkapi acara syukuran yang ada, tentu anda tidak akan ketinggalan untuk menyajikan nasi kuning yang memang sudah menjadi budaya untuk acara syukuran tersebut. Kebanyakan orang Indonesia memang menyukai nasi kuning, karena rasanya yang gurih serta memiliki berbagai macam lauk pauk akan menambah kenikmatannya. Nah tentu anda penasaran dengan bumbu untuk membuat nasi kuning, sekarang anda tidak perlu bingung karena akan dibahas dalam artikel tentang bumbu nasi kuning yang bisa anda jadikan panduan jika ingin membuat nasi kuning sendiri.

Bumbu Nasi Kuning

Mengenal Bumbu Nasi Kuning Spesial

Berhubungan dengan perkembangannya, nasi kuning sendiri bisa dikategorikan dalam beberapa kategori. Nah untuk saat ini akan dibahas untuk anda tentang bumbu nasi kuning spesial, yang mungkin belum anda ketahui perbedaannya karena kebanyakan hanya sebatas mengetahui nasi kuning hanya pada tumpeng. Untuk nasi kuning spesial memang akan sedikit berbeda dari bahan juga bumbunya, sehingga penting anda ketahui agar ketika membuatnya anda bisa menentukan tujuan untuk membuat nasi kuning seperti apa. 

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning Spesial

  • 3 liter beras, cuci bersih
  • 1 sendok makan kunyit, parut, kemudian rebus dalam 50 cc air, gunakan penyaring untuk mengambil airnya
  • 2 lembar daun pandan, bentuk simpul
  • 1/4 liter santan
  • 1 batang sereh
  • 2 lembar daun salam
  • 10 butir telur puyuh
  • Garam secukupnya (biasanya 1 sendok makan)
Setelah melihat kebutuhan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu nasi kuning spesial, maka saatnya anda melanjutkan prosesnya. Sekarang akan diuraikan cara membuat bumbu nasi kuning spesial yang anda jadikan panduan ketika akan membuat nasi kuning sendiri. Hal pertama yaitu rebus santan, daun salam, pandan, sereh, air kunyit, garam hingga mendidih. Selanjutnya kukus beras setengah matang saja, setelah itu campurkan air santan dengan beras yang sudah ditiriskan dalam panci. Langkah terakhir kukus kembali beras yang sudah tercampur hingga matang. Letak spesialnya ada pada pelengkap, seperti kering tempe, suwiran ayam goreng, telur, sayur mayur dan lainnya. Nah sekarang nasi kuning spesial sudah siap disajikan.

Setelah menyimak uraian pertama tentang bumbu nasi kuning dan salah satu jenisnya, maka saatnya anda berpindah pada jenis selanjutnya. Anda tentu sudah mengenal tumpeng yang biasa anda temui dalam acara-acara pernikahan, syukuran atau lainnya. Memang ketenaran nasi tumpeng bukanlah karena kebiasaan semata, dibalik kuncup nasi kuning tersebut mengandung makna penting yang memberikan pelajaran dalam hidup. Lauk pauk yang digunakan juga turut memberikan makna sama seperti nasinya tersebut. Jika harus menunggu ada syukuran baru makan nasi kuning tumpeng mungkin akan sangat menyiksa, karena itu ada baiknya anda belajar bumbu nasi kuning tumpeng sehingga anda bisa membuatnya sendiri sewaktu-waktu.

Bahan dan Bumbu Nasi Kuning Tumpeng
  • beras ketan 100 gram (direndam semalaman)
  • Beras biasa (1 liter)
  • Santan Kelapa (750 ml)
  • Air matang (100 ml)
  • Daun Jeruk (3 lembar)
  • Daun Salam (2 lembar)
  • Kunyit (1 ruas)
  • Serai ( 1 batang)
  • Air jeruk nipis ( 1 sendok makan)
  • Garam secukupnya
Jika anda sudah mulai menyiapkan bahan dan bumbu nasi kuning tumpeng yang diperlukan maka saatnya melangkah pada tahap selanjutnya. Sekarang saatnya anda mengikuti tahapan untuk membuat bumbu nasi kuning ini sehingga anda bisa menciptakan nasi kuning tumpeng yang nikmat dan indah. Pertama, campur beras dengan remasan daun jeruk serta serai, kemudian masukkan santan daun salam, jeruk, serai, garam, dan air kunyit hingga merata serta langsung masukkan beras. Setelah beras tiris maka muai mengukusnya selama 35 menit, masukkan beras dalam wadah berbentuk kerucut untuk membentuknya. Saatnya nasi kuning tumpeng dihias dengan berbagai lauk serta sayur mayur.
Baca juga : Bumbu Nasi Kuning Lengkap
Setelah melihat berbagai macam nasi kuning dan bumbu nasi kuning sendiri, tentu anda akan lebih mudah ketika ingin membuatnya. Maka dari itu tidak ada salahnya mulai mencoba berbagai hal baru salah satunya nasi kuning, karena memang pembuatannya dan bahannya cukup sederhana tentu tidak akan membuat anda kesusahan. Selamat mencoba!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Nasi Kuning