Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 18 Juli 2016

Bumbu Pecel


Salah satu kuliner khas nusantara adalah pecel. Pecel nusantara untuk setiap daerahnya memiliki ke khasan yang berbeda. Pada dasarnya bumbu pecel dibuat dengan bahan dasar kacang yang sudah digoreng, keunikan-keunikan dan ke khasan hadir dari pengolahan dan penyajiannya. Seperti contoh dalam mengolah bumbu saja untuk pecel madiun dan pecel ponorogo saja berbeda, satu menu bumbu memiliki citarasa daun jeruk nipis yang kuat namun tidak untuk yang lain, selain itu dalam penyajiannya saja pecel madiun lebih nikmat dengan nasi putih hangat sehingga masyarakat biasanya menyebut pecel khas daerah madiun dengan sebutan nasi pecel madiun.

Bumbu Pecel

Untuk mecicipi pecel khas dua daerah ini bisa anda temukan di daerah masing-masing ketika anda sedang berlibur atau sedang singgah di daerah tersebut. Namun ada cara mudah, anda bisa membuat sendiri di dapur dengan tips bumbu pecel khas daerah yang kami sajikan. Untuk mendapatkan bumbunyapun mudah, dan dapat anda temukan di warung tradisional sampai supermarket. 

A. Pecel Madiun
Kabupaten madiun memiliki kuliner khas yang menjadi salah satu andalan nusantara, pecel madiun. Pecel khas daerah ini tidak jauh berbeda dengan pecel pada umumnya, namun kekhasan masakan ini biasanya disajikan dengan nasi putih hangat jadi biasanya orang-orang meyebutnya dengan nasi pecel madiun. Untuk membuat bumbu pecel citarasa madiun, anda perlu menyiapkan kacang tanah yang sudah di goreng, cabe rawit merah, bawang putih, kencur, gula merah, daun jeruk, garam, asam jawa dan air matang. Anda tinggal menghaluskan seluruh bumbu dengan cobek sampai lembut, kemudian anda berikan sedikit air agar sedikit encer. Ke khasan disini terletak pada sambalnya yang diencerkan dengan air dingin sehingga rasa kacang masih kuat serta warna coklat kemerahan dan manisnya terasa pekat. Selain itu citarasa daun jeruknya masih terasa.

B. Pecel Ponorogo
Sedangkan untuk membuat bumbu pecel khas daerah ponorogo, anda membutuhkan beberapa bahan diantaranya kacang tanah yang sudah di goreng, bawang merah, bawang putih, kencur, santan, daun jeruk, garam, gula pasir, dan petai cina untuk taburan. Cara membuatnyapun berbeda, selain anda melembutkan semua bahan kecuali santan, daun jeruk, garam, dan gula pasir, anda juga perlu merebus bumbu yang sudah di haluskan dengan menambahkan semua sisa bumbu yang belum di masukan tadi sembari diaduk-aduk hingga matang. 

Biasanya pecel ponorogo disajikan banyak lauk, diantaranya lauk tempe goreng. Lento merupakan parutan ketela yang digoreng dengan bumbu terasi dan kedelai, pia-pia yaitu tepung berisi sayuran taoge kobis yang digoreng, peyek dan masih banyak lagi. Selain lauk juga lalapan yang disajikanpun bermacam-macam, diantaranya ketimun, daun kemangi, dan buah lamtoro. Kekhasan bumbu pecel dan kelezatan citarasanya inilah yang membuat orang-orang mengenal kuliner ini.
Baca juga : Bumbu Pecel Lengkap
Sebenarnya masih banyak pecel-pecel khas daerah lainnya yang tidak kalah lezatnya dengan pecel madiun dan pecel ponorogo dengan bumbu pecel yang lezat. Anda dapat menemukan banyak varian masakan pecel di pameran jajan kuliner yang biasa diadakan oleh produsen tertentu atau dari pemerintah. Nah untuk memenuhi citarasa lidah anda, tidak ada salahnya anda manjakan lidah dengan jalan-jalan memburu kuliner lezat ini. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Pecel