Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Minggu, 03 Juli 2016

Bumbu Tempe Bacem Kuning


Tempe bacem biasanya memang dijadikan menu andalan oleh orang Jawa. Ya, orang Jawa kebanyakan memang menyukai masakan yang dominan dengan rasa manisnya, salah satunya tempe bacem. Jangan salah, ternyata olahan tempe yang bernama tempe bacem ini menawarkan beberapa jenis bumbu yang bisa membuat cita rasa tempe bacem berbeda satu dengan yang lain. Salah satu bumbu tempe bacem yang banyak disukai penikmatnya adalah bumbu tempe bacem kuning. Tempe bacem dengan bumbu kuning ini tak hanya dipilih oleh orang Jawa saja, tetapi banyak orang luar jawa yang tertarik untuk menjadikan bumbu kuning sebagai bumbu untuk olahan tempenya. 

Bumbu Tempe Bacem Kuning

Siapa bilang jika tempe bacem bumbu kuning hanya pantas disandingkan dengan sayur sop yang segar. Anda yang mengaku penyuka makanan yang bercita rasa pedas, anda bisa memadukan rasa manis tempe bacem dengan sambal yang pedas. Biasanya yang suka menyantap tempe bacem bumbu kuning dengan sambal adalah mereka yang berasal dari sunda. Jika anda mengaku pencinta tempe bacem kuning dan anda penasaran ingin tahu bumbu tempe bacem kuning yang enak, tak ada salahnya anda menyimak informasi tentang bahan dan bumbu beserta dengan cara membuat tempe kuning. 

Bahan dan Bumbu Tempe Bacem Kuning 

Yang namanya orang suka terhadap makanan, tak mungkin jika mereka hanya ingin menyantapnya sekali. Begitupun ketika anda suka dengan lauk yang bernama tempe bacem kuning, anda pun pastinya ingin menyantap tempe bacem bumbu kuning lagi dan lagi. Bahkan ada pula, beberapa orang yang saking cintanya dengan olahan tempe yang satu ini, mereka sampai pengen tahu apa saja bumbu tempe bacem kuning agar mereka bisa membuat tempe bacem tersebut di rumah. Bagi anda yang memang ingin mencoba membuat tempe bacem bumbu kuning, inilah beberapa bahan dan bumbu yang dibutuhkan.

Bahan:
  • Tempe Mentah 10 biji, potong sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Daun salam 1 lembar
  • Garam secukupnya
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Penyedap rasa (opsional)
Bumbu:
  • Kunyit 1 ruas jari
  • Jahe 1 ruas jari
  • 3 buah kemiri
  • Ketumbar ½ sendok teh
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 6 siung

Cara Meracik Bumbu Tempe Bacem Kuning dan Cara Membuat Tempe Bacem Bumbu Kuning

Untuk menghasilkan tempe bacem bumbu kuning yang enak, yang perlu anda perhatikan adalah menyiapkan semua bahan dan bumbu tempe bacem kuning yang dibutuhkan, jangan sampai ada yang terlewat karena bisa mempengaruhi cita rasa tempe bacem. Kemudian, langsung saja anda bisa menghaluskan semua bumbu dan tumis bumbu hingga harum. 
Baca juga : Bumbu Tempe Bacem Asli
Agar cita rasa tempe bacem semakin menyakinkan, jangan lupa untuk memasukkan daun salam dan juga lengkuas yang sudah dimemarkan terlebih dahulu. Selanjutnya, aduk semua bumbu, masukan tempe yang sudah dipotong sesuai dengan selera, aduk rata. Tambahkan garam dan gula merah, aduk sampai merata. Tuang air dan tunggu sampai air dan bumbu meresap sempurna pada tempe. Masak dengan api kecil agar tempe bacem tidak cepat gosong. Jika sudah meresap, dinginkan sebentar dan anda bisa menggoreng tempe sampai warnanya kecoklatan. Selamat mencoba membuat tempe bacem kuning di dapur rumah anda ya!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Tempe Bacem Kuning