Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 09 Januari 2017

Resep Brownies Kukus Ketan Hitam


Resep Brownies Kukus Ketan Hitam - Membuat brownies kukus ketan hitam ini tidak jauh berbeda dengan membuat brownies kukus pisang, keju, coklat maupun panda.  Perbedaan dalam membuat brownies kukus ketan hitam ini terletak pada kombinasi campuran rasanya yaitu dengan menggunakan ketan hitam.

Brownies kukus ketan hitam memiliki ciri khas berwarna hitam yang berasal dari ketan hitam yang dicampurkan, tapi gak usah khawatir dengan rasanya. Brownies ketan hitam ini tidak akan terasa sepahit seperti warna hitam yang dimilikinya.

Brownies ketan hitam ini sangat digemari masyarakan Indonesia bahkan menjadi pilihan untuk dijadikan sebagai cemilan. Rasanya yang enak, lembut dan lezat membuat para penikmatnya ketagihan terus dan terus untuk memakannya. Karna rasanya yang hmmm…..bakalan lumer di mulut deh. 

Nyesel jika anda tidak segera mencobanya brownies ketan hitam ini, bagi anda yang ingin mencobanya simak Resep Brownies Kukus Ketan Hitam berikut ini.

Bahan – bahan untuk membuat brownies ketan hitam :

  • Garam ¼ sendok teh
  • Bubuk vanilla ½ sendok teh
  • Baking powder 1 sendok the
  • Susu kental manis 2 sendok
  • Telur 6 butir
  • Margarine 75 gram
  • Mentega 100 gram 
  • Tepung terigu 100 gram
  • Tepung ketan hitam 175 gram
  • Gula pasir 250 gram

Cara membuat brownies ketan hitam :

  1. Pertama cairkan mentega, margarine dan susu kental terlebih dahulu dengan api sedang. Kemudian sisishkan
  2. Lalu kocok dengan menggunakan mixer hingga menggembang. Setelah itu, tambahkan garam, bubuk vabila, telur, dan gula pasir.
  3. Setelah adonan tercampur rata dan mengembang, kemudian beri tambahan baking powder, tepung ketan hitam dan tepung terigu yang sudah diayak. Hal ini bertujuan agar tepung tidak menggumpal dan dapat tercampur dengan rata
  4. Selanjutnya tuang campuran mentega, margarine, susu kental yang sudah dicairkan tadi ke dalam adonan. Kemudian aduk – aduk kembali hingga benar – benar merata
  5. Lalu siapkan Loyang untuk mencetak adonannya. Tapi olesi terlebih dahulu Loyang dengan menggunakan margarine.
  6. Kemudian kukus adonan sampai matang. Setelah matang angkat dan sajikan di piring saji lalu beri tambahan hiasan agar penampilannya tambah cantik


Bagaimana membuat Resep Brownies Kukus Ketan Hitam mudah bukan ? tunggu apa lagi segera praktekan sendiri di rumah anda. Untuk bahan – bahan yang anda butuhkan anda dapat membelinya di toko bahan roti, semua bahan yang anda butuhkan akan tersedia disana. 

Brownies kukus ketan hitam ini sangat cocok untuk anda sajikan bersama keluarga tercinta. Apalagi dengan ditemani dengan segelas teh hangat, hmmm bakalan tambah yummy rasanya. 
Baca juga : Resep Masakan yang lainnya

Semoga resep yang kami berikan dapt bermanfaat untuk anda, selamat mencoba dan semoga saat anda mencobanya menghasilkan hasil yang memuaskan. Happy Cooking ^_^


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Brownies Kukus Ketan Hitam