Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 06 Februari 2017

Resep Kue Basah Carabikang Manis


Resep Kue Basah Carabikang Manis - Ingin mencoba kue basah tapi yang tradisional ? coba saja kue basah carabikang manis. Kue basah carabikang ini dibuat dari bahan – bahan campuran tepung terigu, tepung beras, tepung kanji, telur ayam dan bahan lainnya.
Kue ini sangat cocok sekali jika disuguhkan di dalam berbagai acara keluarga, syukuran atau sekedar kumpul bersama. Berikut mengenai bahan dan cara membuat kue basah tradisional carabikang dapat dilihat dalam sajian Resep Kue Basah Carabikang Manis berikut ini.

Bahan – bahan kue basah carabikang manis :
  • Tepung terigu 125 gr, kualitas bagus
  • Tepung beras ½ kg, kualitas bagus
  • Gula pasir ½ kg 
  • Tepung kanji 2 sdt, kualitas bagus
  • Telur ayam 3 butir, kocok
  • Santan kelapa 1000 ml
  • Daun pandan, vanilla bubuk, dan garam dapur secukupnya
  • Pasta coklat dan pasta pandan secukupnya
  • Pewarna makanan (merah) secukupnya


Cara membuat kue basah carabikang manis :
  1. Pertama, campurkan santan kelapa dengan garam dan daun pandan. Kemudian, didihkan hingga matang. Saat perebusan berlangsung aduk – aduk campuran santan tadi agar santan tidak pecah dan bahan yang dicampurkan dapat tercampur merata. Setelah matang angkat dan sisihkan 1 sdm santan unruk digunakan sebagai olesan nanti.
  2. Setelah itu ambil bahan – bahan berupa vanili, gula pasir, tepung kanji dan terigu lalu campurkan menjadi satu dalam satu wadah adonan. Setelah dicampur rata beri tambahan campuran santan di atasnya. Aduk kembali sampai rata.
  3. Lalu tambahkan kembali bahan lain berupa telur ayam yang sudah anda kocok tadi ke dalam campuran adonan dalam  wadah dan aduk merata.
  4. Setelah semua bahan kue carabikang tercampur sampai rata kemudian ambil adonan sampai 3 sdm. Sendok yang pertama campurkan dengan warna makanan (merah), sendok ke dua campurkan dengan pasta coklat, sendok yang ke tiga campurkan dengan pasta pandan.
  5. Kemudian ambil dan letakkan cetakan carabikang di atas kompor dan panaskan. Olesi terlebih dahulu cetakan dengan sedikit minyak agar tidak lengket lalu isi cetakan dengan adonan kue carabikang hingga memenuhi ½ bagian dari cetakan.
  6. Selanjutnya, tuangkan di atas adonan dalam cetakan adonan lain yang sudah tercampur pasta pantan, pasta coklat dan pewarna makanan.
  7. Setelah adonan carabikang dituangkan, kemudian tunggu adonan sampai menjadi matang.
  8. Setelah matang, lalu angkat kue dengan cara dicukil dengan menggunakan alat pencukil hingga setengah bagiannya terangkat kemudian di bagian bawah kue beri olesan santan kelapa. Panaskan kembali sampai merekah dan matang. Angkat.
Baca juga : Resep Masakan yang Lainnya
Hemmmm, Resep Kue Basah Carabikang Manis sudah selesai dibuat. Mudah bukan cara pembuatannya ?  tunggu apa lagi segera coba dan praktekan di rumah anda . Sajikan kue carabikang ini selagi masih hangat dan hidangkan bersama dengan segelas teh hangat.




Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Kue Basah Carabikang Manis