Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Kamis, 29 Juni 2017

Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Lezat


Resep Membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning - Ikan bakar adalah hidangan masakan klasik nusantara yang terkenal di seluruh dunia. Kenapa dinamakan ikan bakar ? karena pematangan dari ikan bakar tidak denan digoreng maliankan dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api atau alat pemanggang.

Pada dasarnya semua jenis ikan dapat dibakar, tapi pada umumnya ikan yang berada pada air tawar yang umum dibakar. Ikan yang hidup di air tawar seperti ikan gurame, patin, dan ikan mas. Sedangkan jika ikan yang berada di habitat di air laut yang identik dengan airnya yang asin biasanya yang dibakar yaitu ikan pari, ikan kakap merah, ikan tengiri, ikan tongkol, dan ikan kerapu.  

Semua jenis ikan yang disajikan dengan cara dibakar akan membuat cita rasa dari ikan tersebut lebih enak dan lezat. Jika ikan yang akan hendak dibakar biasanya dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kecap manis dengan tambahan bumbu penyedap lainnya.

Walaupun nanti ketika dibakar akan diolesi dengan bumbu lain lagi. Untuk mengolesi saat ikan dibakar gunakan kuas dengan tujuan memperkuat cita rasa atau agar bumbu lebih menyerap ke dalam daging ikan. Untuk itu, kali ini saya akan berbagi mengenai masakan ikan bakar yang berbeda yaitu dengan Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning.

Dengan tambahan kunyit dan berbagai rempah – rempah lainnya sehingga bumbu kuning tersebut dapat tercipta. Berikut saya berikan resep cara pembuatan dan bahan – bahan yang dibutuhkan simak dengan teliti step by step pembuatannya yaa.


Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat ikan bakar bumbu kuning :
  • 1 kg ikan air asin atau tawar, pilih sesuai dengan selera anda
  • Minyak sayur atau margarine cair secukupnya, untuk mengolesi ikan

Bumbu yang akan dihaluskan :
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 5 siung
  • Kemiri 3 butir
  • Kuntut 3 ruas
  • Jahe 1 ruas
  • Lengkuas  2 ruas
  • Bubuk ketumbar 1 sendok teh

Cara membuat ikan bakar bumbu kuning :
  1. Langkah awal yang harus anda lakukan yaitu dengan melumuri ikan dengan menggunakan garam dan jeruk nipis, setelah itu diamkan ikan selam kurang lebih 15 menit.
  2. Kemudian bakar ikan di ats bara arang yang sudah dibuat. Ketika saat dibakar, olesi terlebih dahulu seluruh tubuh ikan dengan menggunakan minyak atau margarine cair dengan bantuan kuas. Lalu balik, ini bertujuan agar ikan tidak menempel ke pemanggang saat dipanggang.
  3. Setelah beberapa menit dibakar kemudian olesi  ikan dengan menggunakan bumbu yang sudah anda haluskan tadi, bolak – balik hingga semua ikan terbakar merata sampai ikan benar – benar matang.
  4. Setelah selesai dan matang angkat dan sajikan.

Baca juga : Resep Masakan yang Lainnya
Bagaimana mudah kan Resep Membuat Ikan Bakar Bumbu Kuning Spesial ini? tunggu apa lagi segera coba dan praktekkan resep ini di rumah. Selamat mencoba, semoga hasilnya memuaskan dan semoga keluarga di rumah menyukainya ^_^


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Resep Ikan Bakar Bumbu Kuning Lezat