Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 20 Juni 2016

Bumbu Salad Sayuran


Salad merupakan makanan yang sehat karena mengandung banyak serat yang dibutuhkan tubuh untuk melancarkan proses metabolism. Salad merupakan campuran dari berbagai macam buah dan sayuran. Cara membuatnya juga sangat mudah karena berbagai bahannya tersedia disekitar kita. Pada awalnya salad dikenal sebagai makanan yang berasal dari eropa dan juga amerika. Namun sebenarnya di indonesia pun sudah ada bumbu salad sayur tradisional. Sebut saja pecel, gado-gado, lotek, karedok,dan masih banyak lagi dengan nama yang berbeda-beda di berbagai daerah. Bagi anda yang vegetarian bumbu salad sayuran cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Karena pada pasalnya kandungan pada salad ini memiliki banyak serat, rendah kalori, dan yang pasti juga bergizi. Selain itu salad merupakan salah satu makanan yang mudah dan praktis dibuat. 

Bumbu Salad Sayuran

Sebenarnya membuat bumbu salad sayuran tak jauh berbeda dengan cara membuat salad buah. Bahan-bahannya mudah ditemukan, namun anda harus menggunakan sayuran segar untuk saladnya. Oleh karena itu, sebelum membahas lebih jauh mengenai cara membuat salad sayur. Anda harus tahu cara memilih sayuran yang segar dan tidak layu. Ada beberapa tips memilih sayur yang segar yaitu pilihlah sayur yang berwarna cerah, jangan memilih sayur-sayuran yang berwarna kekuningan atau kusam. Kemudian pilihlah tulang batang yang terlihat dan juga mudah untuk dipatahkan. Selanjutnya pilihlah sayur yang beraroma segar jangan yang tercampur dengan aroma benda lain. Dan yang terakhir pilihlah yang memiliki bentuk yang masih bagus. 

Bumbu Salad Sayur Sederhana 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu salad sayuran sederhana ini ialah;
  • 4 lembar daun selada merah, sobek-sobek
  • 4 lembar daun selada hijau, sobek-sobek
  • 1 buah tomat merah, iris tipis
  • ½ buah paprika merah, potong kecil-kecil
  • 3 sendok makan ikan tuna kalengan
  • minyak zaitun secukupnya
  • ½ buah lemon, peras ambil airnya dan parut kulitnya
  • keju parut secukupnya
  • lada hitam secukupnya
  • garam secukupnya
Baca juga : Bumbu Salad Paling Enak
Kemudian untuk membuat bumbu salad sayuran tersebut adalah selada merah, selada hijau,tomat, paprika merah, ikan tuna, dan juga parutan kulit lemon. Setelah itu tuangkan perasan jeruk lemon dan juga minyak zaitun, aduk terlebih dahulu hingga merata. Setelah adukan sudah merata tambahkan lada hitam dan juga garam, aduk kembali hingga merata. Selanjutnya setelah semua tercampur merata, masukkanlah ke piring saji dan tambahkan taburan keju. Dan selesailah cara membuat salad sayur, tentunya salad sayur sudah siap disajikan dan dinikmati. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bumbu Salad Sayuran