Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Sabtu, 28 Mei 2016

Bumbu Ayam Goreng Kuning Yang Lezat


Masakan dari bahan ayam memang banyak sekali. Bahan daging memang bisa dibuat menjadi berbagai jenis makanan. Bisa di goreng, di opor, di bakar dan masih banyak lainnya. Bahkan daging ayam bisa dibuat menjadi steak. Masakan di Indonesia identik dengan bumbu rempah yang sangat banyak sekali. Salah satunya adalah dibuat menjadi bumbu kuning yang banyak menggunakan kunir. Berbagai jenis bahan makanan banyak yang menggunakan bumbu kuning. Begitu juga dengan bumbu ayam goreng kuning

Bumbu Ayam Goreng Kuning Yang Lezat

Ayam goreng dengan menggunakan bumbu kuning mempunyai rasa yang enak dan gurih. Jadi rasa rempah-rempah khas Indonesia sangat terasa. Jika anda bosan dengan masakan ayam yang itu-itu saja. Mungkin anda bisa berinisiatif membuat bumbu ayam goreng kuning, ini bisa menjadi makanan yang enak untuk seluruh anggota keluarga anda. Selain itu anda juga bisa membuat masakan ini ketika ada acara penting di rumah anda. Buat anda yang sudah tidak sabar mengetahui bahan dan cara membuat ayam bumbu kuning ini. Mari langsung saja kita membahasnya di bawah ini.

Bahan & bumbu:
  • 2 ekor ayam kampung muda, masing-masing belah menjadi 4 bagian + 1 sendok makan garam + 2 sendok makan air jeruk nipis
  • 500 ml - 1 liter air untuk merebus, tambahkan jika ayam kurang empuk 
Bumbu dihaluskan: 
  • 5 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih 
  • 2 ruas jari jahe
  • 3 ruas jari lengkuas muda
  • 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja 
Bumbu lainnya:
  • 1 sendok teh kunyit bubuk, bisa diganti dengan 3 ruas kunyit segar yang dihaluskan
  • 1 sendok makan ketumbar bubuk
  • 4 lembar daun salam
  • 2 sendok teh garam 

Langkah-Langkah Membuat Ayam Goreng Bumbu Kuning

Tumis semua bumbu yang sudah dihaluskan dengan menggunakan api sedang. Tambahkan daun salam dan air kedalam tumisan tersebut. Kemudian anda bisa memasukkan daging ayam yang sudah dicuci bersih dan di potong-potong. Masak ayam sampai matang dan air agak menyusut. Usahakan semua bumbu ayam goreng kuning sudah menyerap sempurna pada daging ayam anda. Setelah itu anda bisa memanaskan minyak dan goreng ayam sampai berubah warna menjadi kuning keemasan. 
Baca juga : Bumbu Ayam Goreng Paling Enak
Ayam goreng bumbu kuning anda sudah siap untuk dihidangkan. Hidangkan dengan menggunakan nasi putih panas, sambal dan lalapan. Selain itu makanlah selagi masih hangat. Ini akan menambah kenikmatan dari bumbu ayam goreng kuning itu. Nah itulah bagaimana cara membuat ayam goreng dengan bumbu kuning. Mudah bukan? Anda hanya membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk bisa menikmati makanan ini. Demikian artikel kali ini, semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Ayam Goreng Kuning Yang Lezat