Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 02 Mei 2016

Bumbu Balado Kering


Banyak sekali menu kuliner dengan bumbu balado, mulai dari terong balado, balado tempe, jengkol balado, balado telur, balado kentang, balado daging sapi dan lain sebagainya. Menu kuliner dengan bumbu balado ini sangat digemari oleh banyak orang, khususnya mereka yang gila akan rasa pedas. Salah satu cara untuk membuat menu balado adalah dengan menggunakan bumbu balado yang kering. Untuk membuat bumbu balado kering ini tak terlalu sulit dan tak membutuhkan waktu yang lama, oleh sebab itu banyak sekali yang menggandrungi menu kuliner ini dan tak sedikit para ibu rumah tangga yang menjadikan menu kuliner dengan bumbu balado sebagai menu andalannya.

Bumbu Balado Kering

Beragam menu kuliner dengan bumbu balado kering bisa diolah dengan sangat mudah sehingga sangat praktis. Bumbu balado sebagai rahasia kelezatan masakan balado sangat mudah untuk didapatkan bahan-bahannya. Selain itu bumbu kering balado ini bisa dibuat dalam jumlah banyak sekaligus dan disimpan sebagai persediaan sewaktu-waktu ingin membuat olahan balado, tinggal ambil bumbu yang sudah jadi. Bagi anda yang penasaran ingin membuat bumbu kering balado ini, simak panduan singkat cara membuatnya berikut ini.

Cara Membuat Bumbu Balado Kering

Bahan :
  • 1000 Gram Cabai Keriting
  • 750 Gram Bawang Merah
  • 50 Gram Garam
Cara membuat bumbu balado kering sangat mudah, pertama campur semua bahan menggunakan blender, kecuali vitsin dan garam, jangan terlalu halus, tambah air sedikit agar memudahkan. Kemudian tuang di wajan dan keringkan menggunakan api sedang. Aduk-aduk sampai airnya agak mengering usahakan tidak gosong di bagian bawahnya. Setelah agak mengering, tambahkan minyak untuk menumis dengan terus diaduk sampai harum baunya serta benar-benar tanak. Dan setelah tanak, masukkan garam, aduk sebentar hingga kadar airnya berkurang angkat dan dinginkan. 
Baca juga : Bumbu Balado Pedas
Setelah dingin bungkus dengan plastik kecil secukupnya kemudian disimpan di Freezer. bumbu balado kering ini bisa bertahan sampai 6 bulan. Jika anda mau memasak dengan bumbu balado, tinggal ambil bumbu balado secukupnya dan tumis dengan sedikit minyak, dan dengan air sedikit sampai mendidih. Selanjutnya masukkan bahan yang sudah disiapkan yang ingin dibumbui balado yang tentunya sudah digoreng terlebih dahulu. 


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Balado Kering