Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Selasa, 10 Mei 2016

Bumbu Nasi Kuning Tumpeng


Menu kuliner tradisional yang satu ini memang sangat lekat dengan sebagian besar masyarakat Indonesia karena cita rasa yang dimilikinya sangat khas, selain itu olahan nasi kuning dengan bumbu nasi kuning tumpeng ini dianggap sebagai sajian spesial saat momen penting, misalnya saja syukuran, hajatan dan lain sebagainya. Dan tentu saja menu spesial nasi kuning ini juga bisa anda buat dengan sangat mudah, menu nasi kuning ini bisa anda sajikan demi memanjakan keluarga anda, terlebih pada saat momen istimewa seperti hari ulang tahun salah satu anggota keluarga.

Bumbu Nasi Kuning Tumpeng

Menu nasi kuning dengan bumbu nasi kuning tumpeng ini akan terasa semakin pas untuk hidangan istimewa pada saat perayaan hari ulang tahun anggota keluarga. Nasi kuning tumpeng ini sebenarnya tak terlalu sulit untuk dibuat. Dan bagi anda yang ingin tahu bagaimana cara membuat nasi kuning tumpeng ini, silahkan simak panduan singkat cara membuat nasi kuning tumpeng yang sangat lezat berikut ini.

Cara Membuat Nasi Tumpeng Dengan Bumbu Nasi Kuning Tumpeng

bahan-bahan dan bumbu
  • beras ketan 100 gram (direndam semalaman)
  • Beras biasa (1 liter)
  • Santan Kelapa (750 ml)
  • Air matang (100 ml)
  • Daun Jeruk (3 lembar)
  • Daun Salam (2 lembar)
  • Kunyit (1 ruas)
  • Serai ( 1 batang)
  • Air jeruk nipis ( 1 sendok makan)
  • Garam secukupnya
Cara untuk membuat nasi tumpeng dengan bumbu nasi kuning tumpeng ini sangat mudah, pertama cuci beras dan tiriskan. Remas lembaran daun jeruk dan memarkan juga serai, Parut kunyit dan campur dengan air dan ambil air perasanya. masukan santan, serai, daun jeruk, daun salam, garam, dan juga air kunyit dalam panci aduk sampai rata. Masukan beras dan rebus sembari terus diaduk sampai santan agak mengering lalu Angkat beras. Selanjutnya kukus beras kurang lebih selama 35 menit. Lalu tuangkan nasi dalam kerucut nasi yang basahi menggunakan air hangat. 
Baca juga : Bumbu Nasi Kuning Enak
Tuang nasi dalam kerucut sampai penuh dan ditekan. Angkat kerucut dan nasi tumpeng siap disajikan. Selain mengandung makna yang sarat akan harapan dan doa, nasi kuning tumpeng ini tentu saja akan menjadikan acara ulang tahun anggota keluarga semakin bermakna. Nasi kuning dengan bumbu nasi kuning tumpeng semakin nikmat disajikan dengan lauk pauk serta sayuran. Demikian cara membuat nasi tumpeng ini terimakasih dan Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Nasi Kuning Tumpeng