Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Selasa, 19 Juli 2016

Inilah Cara Membuat Bumbu Pecel Madium


Makanan tradisional Indonesia tidak kalah dengan masakan dari luar negeri. Banyak sekali makanan khas Indonesia yang enak dan sehat tentunya. Terutama di daerah jawa mempunyai banyak sekali makanan yang enak-enak. Misalnya pecel madium, pecel madiun mempunyai rasa yang enak dan wajib untuk dicicipi. Akan belum pas pergi ke madiun jika belum mencicipi makanan satu ini. Yang paling penting dari pecel madiun adalah bumbu pecel madiun. Bumbu dari pecel madiun berbeda dengan bumbu pecel pada umumnya.

Inilah Cara Membuat Bumbu Pecel Madium

Pecel madiun biasanya disajikan dengan nasi putih dan disiram dengan sambal kacang. Untuk bumbu pecel madiun lebih terasa bau jeruknya dibandingkan sambal kacang untuk pecel pada umumnya. Untuk membuatnya sangat sederhana. Dengan membuat pecel sendiri, anda jadi bisa memilih bahan yang berkualitas dan higeines tentunya. Pecel merupakan makanan yang sangat sehat karena terbuat dari sayuran-sayuran. Mungkin tak perlu penjelasan terlalu panjang lagi. Mari langsung saja kita membuat pecel khas madiun.

Bahan-bahan:
  • 250 gram kacang tanah
  • 10 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 3 siung bawang putih goreng
  • 2 buah daun jeruk
  • 1 cm kencur
  • 2 sdm gula merah
  • 1.5 sdm garam
  • minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Bumbu Pecel Madiun

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggoreng kacang tanah. Goreng kacang tanah sampai berubah kecoklatan lalu dinginkan terlebih dahulu. Lalu haluskan kacang tadi dan dicampur dengan bumbu pecel madiun seperti cabai rawit, cabai merah, bawang putih, daun jeruk, kencur, gula merah dan garam. Haluskan semua bahan menjadi satu dan benar-benar halus. Selanjutnya tambahkan air supaya bisa menjadi sedikit cair dan disiramkan pada pecel madiunnya.
Baca juga : Bumbu Pecel Original
Untuk sayurnya anda bisa menggunakan kacang panjang, mentimun, kol, kecambah, bayam dan kemangi. Atur semua sayuran tersebut di piring dan di tambahkan dengan nasi lalu siram dengan bumbu pecel madiun. Untuk sayurnya jangan lupa untuk di rebus terlebih dahulu. Bagaimana mudah bukan? Jika anda suka pedas anda bisa menambahkan jumlah cabainya. Selain itu ketika menggoreng kacang jangan sampai gosong. Jika gosong nanti rasa sambalnya akan pahit. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menjadi inspirasi masakan buat anda.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Cara Membuat Bumbu Pecel Madium