Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Sabtu, 02 Juli 2016

Bumbu Tempe Bacem Bango


Bagi anda yang mengaku lama tinggal di pulau Jawa atau anda memang asli orang jawa, pastilah anda tahu apa itu tempe bacem. Tempe bacem adalah olahan tempe yang menghadirkan cita rasa tempe yang dominan dengan rasa manis. Jika anda adalah orang yang mengaku pencinta masakan manis, mungkin anda akan sangat suka dengan tempe bacem. Jika anda mau mencoba mencicipi tempe bacem, tak ada salahnya anda mencicipi tempe bacem Bango. Mengapa ada kata bango di pemberian nama tempe bacem tersebut? Alasannya adalah salah satu bumbu tempe bacem bango adalah kecap manis merk Bango yang merupakan kecap ternama di kalangan masyarakat. 

Bumbu Tempe Bacem Bango

Bukankah jika anda melihat iklan di televise, sangatlah sering iklan kecap bango menyuguhkan masakan-masakan yang lezat yang tentunya bisa membuat nafsu makan orang yang melihat segera meningkat. Salah satu yang berhasil membuat mulut tak sabar ingin menyantap adalah tempe bacem bango. Sebenarnya jika anda berbicara masalah bumbu tempe bacem bango, bumbunya hampir sama dengan tempe bacem lainnya. Hanya saja jika anda memang penasaran apa saja bahan dan bumbu yang dibutuhkan serta cara membuat tempe bacem ala kecap bango, anda bisa menyimak informasi selengkapnya berikut ini. 

Bahan dan Bumbu Tempe Bacem Bango

Anda yang mau mencoba membuat sendiri tempe bacem ala bango, anda tak hanya cukup mengetahui cara memasak tempe bacem yang enak ala bango bukan? Ada yang lebih penting yang mesti anda ketahui yaitu bahan dan bumbu tempe bacem bango. Seperti yang anda tahu, tempe bacem adalah makanan yang sederhana yang tak membuat ribet orang yang ingin mencoba membuatnya. Maka dari itu, bahan dan bumbu yang dibutuhkan tentunya cukup simple dan mudah didapatkan di pasar, baik pasar tradisional atau pasar modern. Kira kira apa bahan dan bumbu tempe bacem ala bango selain kecap bango? 

Bahan: 
  • 2 lonjor tempe ukuran kecil, potong sesuai selera
  • 3 gelas air kelapa
Bumbu:
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 6 siung
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Serai 1 batang, geprek
  • Daun salam 2 lembar
  • Garam secukupnya
  • Lengkuas 2 cm
  • Kecap bango 5 sendok makan

Cara Meracik Bumbu Tempe Bacem Bango dan Cara Membuat Tempe Bacem Ala Bango

Ketika anda mau menghasilkan tempe bacem bango yang mampu menggetarkan lidah penikmatnya, yang mesti anda lakukan adalah menyiapkan bahan dan bumbu yang dibutuhkan. Bahan dan bumbu tempe bacem bango tak boleh ada yang terlewat satupun karena jika anda melupakan satu bumbu saja, rasa tempe bacem tidak akan sempurna di lidah. 
Baca juga : Bumbu Tempa Bacem Manis
Langkah pertama jika anda mau memasak tempe bacem ala bango adalah menghaluskan bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan ketumbar. Lalu, tumislah semua bumbu yang sudah dihaluskan dan jangan lupa untuk memasukkan serai dan lengkuas yang sudah digeprek. Masukan air kepala dan masak tempe dengan api kecil dan biarkan air kepala meresap pada tempe. Ketika sudah bumbu dan air sudah benar-benar meresap pada tempe, anda bisa menggoreng tempe bacem satu per satu sampai warnanya kecoklatan. Tempe bacem khas bango siap untuk disantap. Selamat mencoba membuatnya di dapur rumah anda!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Tempe Bacem Bango