Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Jumat, 01 Juli 2016

Bumbu Tempe Bacem Solo


Tempe adalah salah satu makanan kesukaan semua kalangan. Makanan atau lauk yang terbuat dari bahan kedelai ini memang banyak peminatnya. Tempe tak hanya disukai karena harganya yang murah meriah yang bisa dijangkau oleh semua kalangan, tetapi juga karena kandungan gizinya yang besar. Tahukah anda bahwa tempe bisa dibuat sebagai bahan lauk yang melezatkan tetapi tak membuat orang yang melihatnya ribet membuatnya. Salah satu olahan tempe yang ternama adalah tempe bacem. Tempe bacem yang sering membuat penikmatnya menggoyangkan lidah adalah tempe bacem khas Solo. Kira-kira apa bumbu tempe bacem solo sehingga rasanya bisa menggetarkan lidah penikmatnya? 

Bumbu Tempe Bacem Solo

Sudah disinggung sedari awal bukan bahwa olahan tempe memang disukai oleh semua kalangan. Tak hanya mereka yang ekonominya pas-pasan, tetapi mereka yang berjubel uangpun sangat suka mengkonsumsi tempe, salah satunya tempe bacem khas Solo. Cita rasa tempe bacem khas Solo konon katanya bisa membuat para pencintanya tak mau berhenti memakannya. Padahal, bumbu tempe bacem solo cukup sederhana, makanya tak ada salahnya bukan jika anda mencoba membuat sendiri tempe bacem solo dengan tangan anda sendiri. Siapa tahu cita rasa tempe bacem Solo yang anda buat malah lebih enak dibandingkan dengan tempe bacem yang dijual di pasaran. 

Bahan dan Bumbu Tempe Bacem Solo

Jika anda memang berniat mencoba membuat sendiri tempe bacem Solo, tentu saja anda tak tanya harus tahu tentang cara membuat tempe bacem khas Solo tersebut. Ibu rumah tangga yang ingin menjadikan tempe bacem Solo sebagai lauk andalan keluarga, anda juga wajib tahu tentang bahan dan bumbu tempe bacem Solo. Dengan anda tahu bahan dan bumbu yang dibutuhkan, cita rasa tempe bacem bikinan anda akan semakin membuat lidah bergoyang. Jangan khawatir, bahan dan bumbu tempe bacem Solo cukup simple sehingga anda bisa menjumpainya dengan mudah di pasar tradisional. Inilah beberapa bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat tempe bacem solo yang enak.

Bahan:
  • 8 potong tempe (bungkusan daun kecil) atau 1 lonjor tempe (bisa dipotong sesuai selera dan kebutuhan)
Bumbu:
  • Ketumbar 1 sendok makan 
  • Bawang putih 3 siung
  • Bawang merah 6 siung
  • Gula merah 2 sendok makan
  • Asam jawa 1 ruas
  • Daun salam 4 lembar
  • Lengkuas 2 cm, geprek
  • Air secukupnya
  • Garam secukupnya
Baca juga : Bumbu Tempe Bacem Asli

Cara Meracik Bumbu Tempe Bacem Solo dan Cara Membuat Tempe Bacem Khas Solo

Setelah anda mengetahui bahan dan bumbu yang dibutuhkan untuk membuat tempe bacem khas Solo, yang mesti anda lakukan pertama kali adalah menyiapkan semua bahan dan bumbu tempe bacem Solo yang dibutuhkan. Jangan sampai ada satu saja yang terlewat karena tidak komplitnya bumbu bisa mempengaruhi cita rasa tempe bacem Solo. Langkah pertama saat anda ingin mencoba membuatnya adalah menyiapkan wajan dan meletakkan pada wajan bumbu yang sudah dihaluskan beserta dengan potongan tempenya. Tuangkan air secukupnya pada wajan dan masak tempe dengan api kecil sampai air meresap pada tempe. Jika air sudah habis, anda bisa menggoreng satu per satu sampai habis. Angkat tempe bacem yang anda goreng saat warnanya sudah kuning kecoklatan. Tempe bacem Solo siap untuk disajikan. Simple bukan? Ayo coba untuk membuatnya di dapur rumah anda!


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bumbu Tempe Bacem Solo