Bumbu masak tradisional hingga bumbu masakan modern ada di sini.

Senin, 12 September 2016

Inilah Cara Membuat Bumbu Sate Kecap


Pada artikel sebelumnya saya sudah membahas banyak sekali mengenai berbagai macam resep sate. Ada sate Madura, sate kambing, dan masih banyak lainnya. Sate memang merupakan makanan favorit banyak orang. Salah satu jenis makanan yang di bakar ini, mempunyai cita rasa yang sangat enak dengan berbagai macam jenis bumbu. Ada yang diberi bumbu kacang, bumbu kecap dan lainnya. Salah satu bumbu sate yang paling sederhana adalah bumbu sate kecap. Mungkin hampir semua orang bisa membuat sate jenis ini. Berbagai jenis sate bisa dipadukan dengan sambal kecap ini.

Bumbu Sate Kecap

Entah itu sate kambing, sate ayam, sate sapi atau jenis sate lainnya. Karena sebentar lagi kita merayakan hari raya idul adha, saya akan memberikan resep sate kambing dengan menggunakan bumbu kecap. Pada saat idul adha besok pasti akan ada banyak sekali daging kambing. Jadi anda bisa membuatnya menjadi sate kambing bumbu kecap yang enak. Untuk kecapnya lebih baik menggunakan kecap manis yang dicampur dengan sedikit kecap asin. Supaya rasanya lebih gurih. Nah inilah beberapa bahan yang anda butuhkan untuk membuat bumbu sate kecap di rumah.

Bahan-bahan : 
  • Daging kambing cincang
  • 5 butir bawang merah
  • 1/2 sendok teh ketumbar sangrai
  • Garam dan merica
Sambal Kecap : 
  • 6 buah cabai rawit hijau, iris bulat
  • 4 buah cabai rawit merah, iris bulat
  • 6 butir bawang merah, iris halus
  • 5 sendok makan Kecap Manis Bango
  • 1 sendok teh kecap asin
  • 1 buah tomat buang bijinya, potong dadu
  • 2 butir jeruk limau, ambil airnya

Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kecap

Potong-potong daging kambing menjadi bentuk kecil-kecil dan tusuk dengan menggunakan tusuk sate. Sisihkan terlebih dahulu. Campurkan semua bahan olesan menjadi satu, kemudian oleskan pada daging kambingnya sebelum di bakar. Bakar daging kambing sambil di bolak-balik. Setelah setengah matang olesi lagi dengan bumbu olesan, bakar lagi sate kambingnya sampai benar-benar matang. Selanjutnya anda bisa membuat bumbu sate kecapnya. Untuk membuat bumbu kecap sangatlah mudah.
Baca juga : Bumbu Sate Asli Indonesia
Tahap pertama untuk membuat bumbu kecap dengan memotong semua bumbu yang digunakan. Seperti bawang merah, tomat dan cabai. Jika sudah dipotong tambahkan kecap manis. Sebelum menghidangkan sate kambinnya, oleskan sate kambing pada bumbu kecapnya. Anda bisa menghidangkan sate kambing dengan nasi atau lotong. Tetapi untuk sate kambing lebih enak dikonsumsi dengan nasi putih. Demikian sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai cara membuat bumbu sate kecap. Selamat mencoba.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Cara Membuat Bumbu Sate Kecap